Cari


Iklan

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Tanpa Disadari

Oleh : Egi Samsul M, Tanggal : 2017-04-22, Pukul : 15:28:19, Kategori : Blogger, Comment


Kegiatan nge-blog memang terlihat seolah - olah mudah dan siapapun dapat melakukannya bahkan yang baru mengenal blog pun akan mampu mengoperasikan blogger. Benarkah demikian? memang benar bahwa siapapun dapat mengoperasikan blogger ini dengan mudah akan tetapi untuk dapat membuat atau membangun sebuah blog yang bekualitas ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar nantinya blog kita tidak asal - asalan dan mendapat banyak trafik atau kunjungan dari visitor.

Kesalahan yang sering dilakukan para blogger tanpa disadari 

Dari paparan diatas, bisa dikatakan banyak hal atau banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger pemula atau bahkan yang sudah lama sehingga blog mereka sepi pengunjung sekalipun selalu update artikel setiap hari dan itu terjadi tanpa disadari oleh pemilik blog itu sendiri kebanyakan. Kesalahan apakah yang sering dilakukan itu? sehingga berdampak kepada visitor blognya yang sedikit?

Berikut ini ulasanya beberapa Kesalahan yang sering dilakukan blogger:

 

1. Asal Menulis Artike Tanpa Riset Keyword

Kesalahan pertama dan mendasar yang sering dilakukan oleh para blogger tanpa disadari adalah sering menulis artikel tanpa sebelumnya meriset keyword terlebih dahulu. Bagi blog yang masih baru akan sangat sulit jika menciptakan keyword sendiri terlebih lagi jika itu jarang dicari orang. Ketika akan membuat artikel kita harus melakukan beberapa strategi agar tulisan kita sesuai dengan apa yang orang cari. Karena sebagus apapun artikel blog akan terasa sia - sia jika tidak ada yang mencari atau mengunjungi. Tahapan sebelum membuat artikel adalah meriset keyword atau mencari keyword yang cocok / relevan serta tidak memiliki terlalu banyak saingan dan tentunya dengan volume pencarian yang tinggi. Tidak mudah memang, untuk melakukan riset  keyword kita bisa memanfaatkan google trends atau ubbersuggest (direkomendasikan). Kita juga harus memastikan bahwa topik yang kita bahas adalah topik yang memang sering dicari orang.

Baca Juga : Cara menentukan judul, domain dan topik blog untuk pemula

 

2. Sering Copy Paste Artikel Orang

Poin kedua ini juga tak kalah pentingnya dan sering sekali dilakukan oleh para blogger terutama para belogger pemula yang umumnya belum paham betul aturan atau kebijakan dari berbagai search engine serperti google yang tidak menginjinkan kita untuk mencuri artikel orang lain tanpa diedit sama sekali. Sebanyak apapun konten di blog kita jika itu hasil copy paste maka itu justru akan merugikan blog kita sendiri karena akan dengan mudah search engine mendeteksinya. Jadi jangan harap bisa mengelabui search engine atau mesin pencari, dan sebaiknya jika ingin copy artikel orang editlah tatanan katanya sehingga menjadi unik dan jangan lupa pula cantumkan link sumber asli.

 

3. Sering Asal Comot Gambar

Hal inilah yang paling menjadi masalah utama para blogger yang jarang diketahui, karena merasa mudah mencari gambar di google image (misalnya) dan bisa di download jadi kita cenderung meanggapnya boleh digunakan. Tetapi itu adalah sebuah kesalahan besar, karena tidak serta merta meskipun gambarnya bisa kita download secara gratis gambar itu bisa kita publikasikan kembali terutama secara komersil (jika ingin mendaftar adsense). Lalu bagaimana dan dimana mencari gambar yang gratis / bebas digunakan? di google pencarian gambar kita bisa mensetting hasil pencarian dengan filter free to use / bisa digunakan kembali atau dengan mengunjungi website - website penyedia gambar gratis dan bebas kita gunakan ulang seperti flicker, pixabay, dll.

 

4. Tidak Me-submit ke Search Engine

Ketika kita menargetkan agar blog kita masuk ke page one di google lalu kita membuat artikel yang bagus dengan kata kunci yang sudah kita riset sebelumnya, akan tetapi kok artikel kita masih belum kelihatan juga di google kenapa? hal ini bisa jadi karena kita tidak 'mengenalkan' artikel kita kepada mesin pencari itu sendiri. Bagaimana dia bisa tahu ada blog kamu jika kamu tidak mendaftarkan blog kamu ke search engine. Solusinya? cara mengatasi hal ini adalah dengan mendaftarkan diri ke Google Search Console, verifikasi blogmu, submit sitemap, dan yang terpenting fetch url mu. Atau bisa juga langsung mengunjungi google submit url selain itu cara agar blog dan postingan kita cepat terindex google  adalah dengan melakukan ping, kita bisa memanfaatkan situs penyedia ping gratis seperti ping o matic.

 

5. Jumlah Kata Minim

Dalam membuat artikel yang disukai oleh mesin pencari kita harus tahu beberapa peraturan dari mesin pencari itu sendiri. Untuk google standar konten yang bisa dibilan bagus adalah minimal 300 kata. Artinya jika blog anda memiliki artikel dengan jumlah kata kurang dari itu maka peluang untuk mendapatkan page one dan pengunjung yang banyak akan menjadi sedikit. Solusinya? buatlah artikel yang melebihi 300 kata tapi jangan banyak mengulang - ngulang kata dan kata kunci yang ditargetkan.

 

6. Terlalu Terpaku SEO

SEO memang bagus untuk artikel kita agar cepat terindex google atau mesin pencari lain. Akan tetapi jika kita terlalu terpaku kepada SEO maka itu juga tidak baik. Ada isitilahnya Over SEO, misalnya terjadi karena kita terlalu sering mengulang kata kunci target kita. Hal ini justru akan berdampak buruk bagi blog itu sendiri dan search engine akan menganggapnya spam. Jadi bautlah artikel yang natural juga karena sekarang search engine menilai artikel bukan dari SEO saja tapi lebih seperti ke sifat manusia (kira kira artikel ini enak di baca gak yah?)

 

7. Jarang BlogWalking

Blogwalking merupakan sarana saling mengunjungi antar para blogger lainnya. Hal ini juga cukup penting untuk meningkatkan kualitas kita dimesin pencari google. Jika saja blog kita direkomendasikan oleh blog yang memiliki reputasi baik di google (backlink) tentu itu akan membuat blog kita menjadi baik pula reputasinya di mata google atau mesin pencari lain sehingga akan berdampak pada aritkel kita yang akan mudah terindex google.

 

Sekian tips kali ini tentag beberapa kesalahan para blogger dan solusinya semoga bermanfaat.


Iklan

Artikel Menarik Lainnya

Komentar