Cari


Iklan

Menentukan Judul, Domain dan Topik Blogger

Oleh : Egi Samsul M, Tanggal : 2017-04-22, Pukul : 14:43:40, Kategori : Blogger, Comment


Blogger adalah layanan  blog yang gratis dan sangat populer saat ini. Dengan memiliki blog kita bisa menulis cerita harian, berita, tutorial, pengetahuan, pendidikan dan masih banyak lagi. Bahkan tak sedikit orang yang menjadikan blog sebagai ladang penghasilan atau istilahnyamendulang rupiah dari blog gratisan dari google ini. Sebelum melangkah lebih jauh mengenai penghasilan, seorang blogger (sebutan untuk para pengguna blog) harus dapat menentukan topik atau niche bagi blognya itu sendiri. Hal ini dikarenakan untuk dapat menayangkan sebuah iklan yang menjadi sumber penghasilan blog kita harus memiliki pembaca atau pengunjung yang melimpah atau banyak serta stabil setiap harinya.

cara menentukan judul, domain dan topik blog

Untuk dapat menarik pengunjung yanng banyak setiap harinya hal paling dasar yang perlu kita perhatikan adalah topik pembahasan dari blog kita sendiri. Sebagus apapun tulisannya dan seunik apapun kontenya kalau tidak dicari dan dibutuhkan oleh orang akan terasa percuma. Untuk itu kita harus paham dulu apa yang diinginkan oleh user atau calon pengunjung dari blog kita. Dengan begitu kita bisa menyiapkan konten yang kalo bisa sesuai denagan hobi atau passion kita sehingga kita akan senang ketika menjalani atau menulis kontennya.

Untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan orang kita harus melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu. Tenang tidak perlu sampai menyebar angket atau wawancara hehe. Dalam proses penelitian atau riset topik blog atau istilahnya niche yang paling bannyak dicari dan dibutuhkan oleh orang itu bisa dibilang gampang - gampang susah. Jangan sampai kita salah strategi misalnya banyak kasus para blogger yang terus - terusan menulis konten yang unik dan update tiap hari tetapi mengeluhkan pengunjung blognya yang sepi bahkan hanya sampai 10 oran perhari.

Apa yang salah? ternyata setelah diteliti kebanyakan dari para blogger ini hanya 'asal menulis' saja sesuai dengan apa yang ada di pikirannya tanpa memperdulikan apakah itu akan dicari atau berguna bagi orang  lain atau tidak. Selain itu ada faktor lain yang menyebabkan blog kita juga sepi pengunjung diantaranya adalah kurangnya memaksimalkan kekuatan SEO atau Search Engine Optimizer. Kata SEO pasti akan sering kita dengar ketika kita menggeluti dunia blogger, tapi untuk pembahasan mengenai SEO bisa dibilang adalah tingkat yang cukup lanjut dan hal paling mendasar dari seo adalah Niche dari blog itu sendiri.

 

Lalu bagaimana cara untuk menentukan Niche atau Topik yang tepat dan cocok untuk blog sehingga banyak dicari dan dibutuhkan orang?

 

Sebelum membuat blog ada baiknya kita harus melakukan perencanaan yang matang agar niche atau topik blog kita benar - benar merupakan hal yang sering dicari orang, langkahnya sebagai berikut:

A. Sebelum Membuat Blog

  1. Riset Niche Blog
    Untuk melakukan proses riset niche blog kita bisa memanfaatkan website yang merupakan kumpulan atau rekaman histori dari pencarian orang - orang salah satunya yang paling jitu adalah Google Trends.  Jika akan membuat blog dengan menggunakan bahasa indonesia cari : Google Trends Indonesia. Coba masuk ke website tersebut dan di google trends kita akan menjumpai beberapa topik pembahasan yang paling sering dicari orang (Regional indonesia misalnya) dari topik - topik penelurusan beberapa tahu lalau sampai yang masih hot dan fresh sekarang ini.

    Beberapa saran niche atau topik yang cocok terutama untuk blog berbahasa indonesia seperti berikut:
    - Blog Yang Membahas Tentang Makanan / Resep
    - Blog Yang Membahas Tentang Teknologi
    - Blog Yang Membahas Tutorial
    - Blog Yang Membahas Berita (Tetapi Persaingannya Sangat Tinggi)
    - Blog Yang Membahas Olahraga (PErsaingan Tinggi)
    - Blog Yang Membahas Otomotif
    - Blog Yang Membahas Gadget / Smaprthone

  2. Perhatikan Niche Yang Terlarang di Google
    Sebagai pengguna blogger yang merupakan layanan gratis dari google tentu saja ada peraturan dan kebijakan yang harus dipatuhi oleh para penggunanya termasuk juga tentang tema atau niche blog itu sendiri. Ada beberapa niche yang memang dilarang oleh google, apa saja itu?
    - Blog yang membahas tentang konten - konten dewasa atau P*r*o
    - Blog yang berisikan tulisan sara atau yang negatif
    - Blog yang berisikan tindakan kejahatan seperti tutorial peretasan atau h*ck*ng, c*rd**g, dll
    - Blog yang berisikan ajakan untuk membenci kelompok tertentu
    - Blog yang berisikan perjudian, dan jual beli barang terlarang seperi obat - obatan dan senjata

    **Untuk yang ingin mendaftarkan blognya ke google adsense sangat tidak boleh memakai niche - niche terlarang diatas dan juga-** :
    -** Blog yang hanya berisi video saja (minim teks)
    -** Blog yang kontenya copy - paste dari konten orang lain (tidak original)
    -** Blog yang mengandung media ber-copyright seperti gambar (jangan sembarangan mengambil gambar dari google image)
    -** Blog yang mengandung kata - kata kotor
    -** Blog tentang promosi (berisi ajakan untuk membeli barang)
    -** Bllog download konten ilegal

  3. Tahap Pembuatan Konten
    Jika sudah merasa matang dengan topik atau niche blog yang yang akan dipilih langkah selanjutnya adalah tahap pembuatan konten. Mungkin anda bertanya kok langsung ke tahap pembuatan konten? kan blog nya saja belum buat? Konten ini dimaksudkan sebagai stok untuk update blog kita nanti. Dimana buat kontenya? kita bisa memanfaatkan software pengolah kata seperti ms. Word, Libre Office, Wps Office, dll. Sebelum kita membuat blog disarankan setidaknya memiliki stok konten sebanyak 10 buah tentunya dengan isi yang relevan dengan topik blog kita dan juga tidak copy paste dari artikel orang lain serta memiliki minimal 300 kata didalamnya.

  4. Tahap Membuat Blog
    Setelah dirasa sudah matang dengan memliki stok konten yang cukup (mengantisipasi apabila sedang malas membuat artikel) maka buatlah blog di blogger.com (Langkah - langkah membuat blog juga terdapat di webstie ini). Lalu bagaimana dengan judul? untuk judul dan domain blogspotnya?

    4.1 Menentukan Judul Blog
    Dalam mennetukan Judul Blog usahakan relevan dengan topik atau nichenya. Misalkan, saya akan membuat blog dengan topik "Review smartphone", maka judul yang relevan yang akan saya gunakan adalah "Review Smartphone Lengkap Terbaru" atau "Tukang Review Smartphone". Yah bisa dibilang judul blog ini juga bisa dipakai sebagi slogan blog itu sendiri. Judul yang relevan dengan topik atau niche blog akan menjadi nilai lebih di mata mesin pencari yang akan meningkatkan nilai SEO blog kita.

    4.2 Menetukan Domain Blog
    Pun juga dengan domain blog sama halnya dengan judul, cari domain yang relevan dengan judul dan topik, singkat dan mudah diingat serta unik. Kita bisa menggunakan nama sendiri sebagai brand atau domain blog kita atau menargetkan kata kunci tertentu di blog misalnya tadi kan topik kita tentang review smartphone, maka domain yang relevan yang akan saya buat seperti : reviewsmarphone.blogspot.com atau tukangreviewhp.blogspot.com, dan lain - lain.

    4.3 Tentukan Theme (Template) blog
    Jangan remehkan template atau design blog anda. Karena blog yang indah akan membuat user juga betah lama - lama dan berkung kembali ke blog anda. Usahakan pasang tempalte blogger yang ringan, simple dan elegan agar pengunjung merasa nyaman ketika memaca aritkel di blog anda.

B. Setelah Membuat Blog

Setelah membuat blog ini yang sebenarnya titik beratnya kenapa seperti itu? karena terkadang kita akan buntu dan malas dalam membuat artikel untuk blog kita sendiri bisa jadi juga karena sibuk. Nah fungsi dari stok artikel yang kita buat tadi akan sangat membantu di saat - saat seperti ini. Perlu diingat Mesin pencari seperti Google SANGAT BENCI dengan blog yang JARANG UPDATE aritkel atau updatenya tidak beraturan, misalkan 1 minggu update tiap hari  sampai 10 artikel tetapi 1 bulan menghilang. Mending anda mengupate 1 artikel setiap hari tetapi konsisten hal ini akan mambah nilai plus blog anda di mata mesin pencari karena mesin pencari menganggap konten anda paling update dan relevan dengan pekembangan zaman.

 

Sekian tips kali ini tentang cara menentukan judul, domain dan topik (niche) blogger semoga bermanfaat


Iklan

Artikel Menarik Lainnya

Komentar